Wednesday, August 5, 2015

Pengertian Ideologi

Apakah sebenarnya pengertian defini idelogi? Kita sering mendengar kata ideologi seperti dalam kalimat "Ideologi negara Indonesia terkandung dalam pancasila". Artinya adalah pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia. Namun tidak akan mudah mencapai konsep tersebut sebelum kita paham definisi ideologi.

Dalam kamus dijelaskan Ideologi adalah ide atau idea atau gagasan. Ideologi merupakan visi komperhensif, sebagai cara memandang segala sesuatu. Filsuf Perancis Destutt de Tracy(1796) menjelaskan ideologi sebagai ilmu yang meliputi kajian tentang asal usul dan hakikat ide atau gagasan. Ideologi tidak hanya sekedar ide namun jika dilihat lebih luas artinya adalah kelompok cita-cita, nilai dasar, dan keyakinan yang dijunjung tinggi sebagian normatif. Tak hanya sebatas gagasan, ideologi terbentuk secara sistematis dengan tujuan yang jelas.

Pengertian Ideologi menurut beberapa ahli:
1. Machiavelli
Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.
2.Karl Marx
Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.
3. Napoleon
Ideologi keseluruhan pemikiran politik dari rival–rivalnya.
4. Prof. Padmo Wahyono,SH
Ideologi diberi makna sebagai pandangan hidup bangsa,falsafah hidup bangsa,yang berupa seperangkat nilai yang dicita-citakan dan akan direalisasi dalam kehidupan berkelompok Ideologi ini akan memberikan stabilitas arah dalam hidup berkelompok dan sekaligus memberikan dinamika gerak menuju apa yang dicita-citakan.

Unsur-Unsur Ideologi
Unsur-unsur yang ada dalam ideologi seperti dibawah ini..
1. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis
2. Pedoman tentang cara hidup.
3. Tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok.
4. Dipegang teguh oleh kelompok yang meyakininya.

Fungsi Ideologi
Fungsi yang ada pada ideologi, antara lain sebagai berikut.
1. Struktur kognitif, ialah keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian-kejadian di alam sekitar.
2. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia
3. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seorang untuk melangkah dan bertindak
4. Bekal dan jalan bagi seseorangu untuk menemukan identitasnya.
5. Kekuatannya yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan
6. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta memolakan tingkah-lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya.


Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan toegas khoesoes kepada Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli oentoek membenahi waktoe bongkar moeat (dwelling time) di Pelaboehan Tanjoeng Priok, Jakarta. Jokowi meminta Oktober Dwelling Time minimal haroes 3-4 hari. Terkait masalah dwelling time ini, Direktoer Jenderal Perhoeboengan Laoet, Kementerian Perhoeboengan, Bobby Mamahir mengoengkapkan, aroes keloear masoek barang di Priok memang sangat padat, tak hanya di darat, kapal-kapal yang maoe bersandar di terminal Priok haroes antre coekoep lama. "Pengamatan dari oedara. Di area Pelaboehan Priok ada sekitar 300 kapal yang maoe masoek di area Priok," kata Bobby, pada Acara ngobrol bareng soal pelaboehan, di Hotel Ritz Carlton, Mega Koeningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8/2015). Padatnya laloe lintas kapal tentoe haroes menjadi pemerintah. Haroes ada pengatoeran ketat oentoek kapal bongkar moeat. "Sekarang bagaimana kapal datang tepat waktoe dan cepat dilayani," oejarnya. Selain dari sisi laoet yang sangat padat, Bobby menjelaskan sisi darat. Ia menyoroti sisi infrastroektoer jalan. Jalan akses keloear masoek Pelaboehan Priok saat ini soedah sangat padat. Akibatnya, kondisi terseboet merembet ke dalam pelaboehan. "Priok di dalam pelaboehan lancar, tapi jalan di loear pelaboehan nggak tertata baik. Pelaboehan akan stoeck(macet). Sekarang ini masih terjadi, karena pembangoenan akses jalan di loear pelaboehan beloem selesai," oejarnya. Belajar dari ini semoea, Bobby menilai pelaboehan sebagai satoe kesatoean. Bila sisi laoet macet maka berpengaroeh pada proses bongkar moeat di dalam pelaboehan. Hal sama akan terjadi saat akses jalan di loear pelaboehan yang sangat padat. "Angkoetan laoet nggak tertata baik, kapal nggak ada, pelaboehan nggak jalan. Pelaboehan nggak jalan maka logistik nggak lacar," toetoernya. Selain Bobby, hadir joega pada acara diskoesi yang diadakan oleh Lembaga Kajian Persaingan dan Kebijakan OEsaha OEniversitas Indonesia antara lain Direktoer OEtama PT Pelindo II (Persero) RJ Lino, Praktisi Hoekoem yang joeka eks Pimpinan Komisi Pemberantasan Koroepsi (KPK) Chandra Hamzah, Ahli Tata Hoekoem Koernia Toha, Ahli Tata Negara Hamid Chalid dan Ketoea OEmoem KADIN Soeryo B. Soelistiyo

No comments:

Post a Comment